Anak Tiba- tiba Panas Mendadak

Akan sangat terkejut sekali apabila kita mendengan kabar buah hati kita sakit mendadak. Apapun penyaitnya apabila itu kena terhadap anak kita, pasti akan was- was dan tidak tenang. Kalau bisa mungkin akan meninggalkan pekerjaan demi melihat keadaan anak kita. Kita jangan panik dulu, lihat dulu gejala gejalanya. Ini terjadi pada anak saya, pagi hari dia begitu ceria dan main bersama teman- temannya. Sekitar jam 11 dia mendadak lemah, dan tidak ceria. Saat di pegang keningnya dan seluruh badanya panas. Ada beberapa yang harus kita segera lakukan yaitu:

  1. Cek sekujur tubuhnya apakah ada banyak gigitan nyamuk!! kalau ada pastikan apakah itu gigitan nyamuk berbahaya seperti nyamuk demam berdarah atau nyamuk malaria.
gigitan-namuk
gigitan-nyamuk

2. Cek mulutnya apakah merah banget atau biasa saja. Kalau merah banget dipastikan itu radang, itu juga yang bisa               menyebabkan panas pada anak kita.

radan-mulut

Usahakan banyak minum, baik itu air putih, susu atau makanan yang banyak mengandung nutrisi. Ini menjaga                   supaya anak tidak dehidrasi dan daya tahan tubuhnya tidak menurun derastis.

Kalau sudah periksa ke 2 hal diatas maka dapat kita simpulkan bahwa:

Terkena DBD:

a. Mendadak demam tinggi kira 40 derajat, anak saya panasnya 38 berarti masih dianggap normal. Tapi kalau yang          namanya ngedadak panas pasti kita panik juga sebagai orang tua…betul kan ibu, bapak…

b. Sakit kepala hebat

c. Pendarahan ringan pada hidung

3 utama itu yang umum apabila anak kena DBD. Apabila tidak memiliki gejala tersebut di atas berarti anak kita bukan kena DBD. Alhamdulillah tidak terlalu berat penyakitnya……aamiin. Kalaupun kena penyakit DBD jangan di tunda – tunda lagi segera pergi ke dokter terdekat atau puskesmas atau Rumah Sakit karena DBD sangat bahanya sekali bagi anak.

Terkena Radang

Kalau kena radang tenggoraokan memang tidak separah kalau anak kita kena DBD, akan tetapi yang namanya sakit tetap saja kita panik ya hehehe. Radang tenggorokan ini bisa di sebabkan karena asupan makan yang di makan sama si kecil tidak merata. Seperti banyak makan permen, es, makanan yang berminyak. Atau karena masa pancaroba (cuaca yang tidak menentu karena mau perpindahan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Nah kalau kena radang bisanya dokter atau bidan akan menyarankan kita atau dikasih resep obat parasetamol saja. Disamping untuk menurunkan panas, parasetamol juga berguna agar anak bisa tidur.

Nah ini yang terjadi pada anak saya, dia senang sekali permen sama ice krim sedangkan asupan nasinya kurang. Sedangkan sekarang kan musim hujan tidak menentu nah bisa juga karena itu. Memang kami sempat panik karena di temukan juga di sekujur tubuhnya bekas gigitan nyamuk. Saya coba untuk melihat apakah gigitan nyamuk dbd atau malaria atau nyamuk bisa!. caranya: letakan ibu jari kita kiri dan kanan ke kulit yang kena gigitan nyamuk, terus tekan keluar kedua ibujari nah….apakah warna gigitannya masih tetap warna merah atau budar dan tidak terlihat?? kalau tetap merah berarti itu bisa di pastikan kena gigitan nyamuk dbd, kalau hilang berarti itu nyamuk biasa.

itu mungkin informasi apa yang kita harus lakukan apabila anak kita mendadak panas.

wassalam

Semoga bermanfaat

 

 

 

Baca Juga : Berobat di Puskesmas Sudah Dilengkapi Sistem Pendaftaran yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *