4 Gunung Berapi Berbahaya di Dunia, Lahar, Awan Panas, Gempa Tektonik dan Letusan

4 Gunung Berapi Berbahaya di Dunia, Lahar, Awan Pasan, Gempa Tektonik dan Letusan itu merupakan peristiwa yang tidak bisa dipisahkan apabila suatu gunung akan meletus. Salah satu ciri gunung mau meletus bisanya binatang yang ada di sekitar gunung akan turun misalkan burung burung beterbangan.

4 Gunung Berapi Berbahaya itulah tanda tanda alam yang diberikan Tuhan kepada kita manusai di sekitar gunung. Kita sebagai manusia memang harus menguasai atau peka akan tanda- tanda itu. Nah secara ilmu pengetahuan kenapa gunung bisa meletus itu adalah:

Bisa kita lihat di dalam gambar endapan magma yang ada di dalam perut bumi keluar didorong oleh tekanan gas yang sangat tinggi sekali.
Magma sediri artinya cairan pijar yang ada di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, perkiraan lebih dari 1.000 °C.

Saat magma keluar maka akan akan mengalir larva yang sangat panas juga lahar. Material – material yang adala di dalam perut bumi akan di keluarkan dalam bentuk larva dan lahar tersebut. Apa sih perbedaan Larva dan Lahar?

Lava adalah material dari erupsi gunung api yang berupa zat cair yang biasanya keluar secara meleleh (cairan). Sedangkan Lahar adalah materi erupsi gunung api yang berbentuk benda padat dari ukuran debu sampai ukuran batu besar yang keluar dalam perut bumi yang berada di gunung berapi.

Baca Juga : Taman Kota di Jakarta Yang Sudah Langka

Sekarang kita akan melihat empat gunung api yang sangat terkenal di dunia yang mengakibatkan kerusakan di sekitar gunung tersebut, baik kerusakan alam, ekosistem, cuaca, demografi penduduk di sekitar. Perlu di ingat Bumi yang kita tempati ini banyak sekali gunung apinya tersebar di seluruh dunia.

  1. Gunung Mayon yang ada di Filipina
  2. Gunung Maona Loa yang ada di Amerika
  3. Gunung Bromo yang ada di Indonesia
  4. Hydrothermal Vent yang ada di Laut Atlantik

Gunung Mayon ada di Negara Filipina di provinsi Albay merupakan Gunung berapi aktif yang berbentuk kerucut sehingga disebut sebagai Gunung Fujinya Filipina.

Gunung Mauna Loa. Ini berada di Kepulauan Hawai Samudra Pasifik Amerika Serikat. Gunung Api ini yang membentuk Pulau Hawaii yang sangat indah. Kata Mauna Loa berasal dari Bahasa setempat yang artinya Pegunungan Panjang

Gunung Bromo berada di daerah Jawa Timur negara Indonesia, berada di wilayah 4 kabupaten yang saling berhubunga. Diantaranya : Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Sampai saat ini Bromo masih menjadi Gunung Api aktif.

Gunung Bawah Laut Hydrothermal Vent Mid Atlantik Ridge yang artinya gunung dibawah laut. Ini adalah gunung berapi dibawah laut yang aktif sehingga bisa menghasilkan pulau baru.

Supaya lebih jelas kita tonton yuk video dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *