Tempat Wisata Situ Gintung di Ciputat Tangerang Selatan

Tempat Wisata Situ Gintung

Tempat Wisata Situ Gintung merupakan salah satu tempat wisata di daerah Ciputat Timur, tidak jauh dari Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Muhamadiyah Jakarta. Kalau dari arah Jakarta adanya disebelah kiri jalan raya.

Untuk akses kesana memang ada beberapa alternatif. Kalau resmi nya menyatu dengan restoran dan kolam renang Situ Gintung. Sedangkan alternatif lainnya bisa lewat dekat jalan raya. Disitu anda hanya membayar uang parkir saja tanpa ada tiket masuk.

Saya sendiri lebih enak lewat pintu masuk alternatif selain banyak jajanan murah, masuk dan keluar kendaraan gampang sekali meskipun ada tanjakan sedikit pasa mau keluara atau masuk kesana. Disana spotnya bagus sekali untuk foto – foto, jalur joging dan bersepeda juga memancing.

Pada tanggal 27 Maret 2009 di sana terjadi jebol tanggul yang diakibatkan cuaca ekstrim dalam arti kata hujan lebat terus menerus sehingga debet air dalam situ tersebut meluap. Sedangkan tanggul pada saat itu tidak bisa menahan air yang datang. Akibatnya rumah disekitar tanggul terbawa arus dan tidak sedikit juga korban jiwa.

Baca Juga : Outing Villa Bukit Pinus Bogor Sangat Cocok untuk Acara Sekolah, Keluarga dan Kantor

Memperbaiki Tanggu Rusak

Nah sesudah kejadian itu pemda setempat dan pemerintah pusat juga daerah memperbaiki tanggul yang rusak tersebut sehingga lebih kokoh dan indah. Selain memang wilayah di sanah masih sangat asri meskipun dekat dengan jalan raya utama yang menghubungkan Bogor dengan LB Bulus kontur tanah disanah bagus dan banyak pepohonan.

Danau buatan Gintung memiliki luas 21.4 Hektar untuk dipake joging atau sekedar jalan santai bisa ngos- ngosan. saya sendiri sampai istirahat beberapa kali. Beda mungkin sama yang naik sepeda seperti ringan dan dekat soalnya pake alat kan yaitu sepeda hehehe.

Untuk jalur yang mengelilingi situ gitung jalannya bagus diaspal dengan lebar sekitar 1 sampai 2 meter sehingga apabila berpapasan yang pake sepeda dengan jalan kaki harus lambat supaya tidak tabrakan. Untuk tempat istirahat pada saat joging atau bersepeda juga jangan kawatir kehausan.

Karena sepanjang situ gintung banyak sekali jajanan- jajanan yang disajikan oleh pedagang. Baik itu makanan dan minuman, untuk masalah harga jangan risau karena disana makanannya merakyat alias makanan atau jajanan sehari hari masarakat kita.

Kita tonton video nya mudah mudahan jadi referensi wisata anda dan keluarga. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *