Air Turun Dari Langit, Seperti Sunami Menerjang Daratan… Serammmmm

Air turun dari langit dari sejak kecil sampai sekarang mungkin kita melihatnya sangat bisa dan tidak ada yang menakjupkan. Padahal proses terjadinya hujan dari mulai awal hingga sampai turun hujan sebagian besar dari kita mungkin tidak tahu,

Air turun dari langit itu ada beberapa faktor yang menyebabkan itu terjadi. Seperti akibat panas matahari yang membuat air dilautan atau air yang berada di danau menjadi menguap.

Uap air berkumpul di udara makan terjadilah awan. Dalam arti kata awan itu sekumpulan air yang menguap akibat dari panasnya matahari. Semakin banyak awan maka potensi untuk turunnya curah hujan akan semakin besar.

Terus pasti ada yang bertanya bagaimana proses terjadinya awan ? yaitu tadi awan terbentuk dari suhu udara di sekitar laut atau danau panas. Panas tersebut dihasilkan dari matahari membuat air tersebut mengalami pemadatan atau (kondensasi).

Maka berubah jadi embun. Embun terbentuk dari partikel terkecil dari air maka udara di sekitar semakin tinggi membuat titik embu semakin banyak dan berkumpul maka terbentuklah awan.

Tidak setiap awan yang berkumpul akan menghasilkan hujan meskipun awan itu banyak. Untuk menjadi air hujan embun yang ada di awan harus lebih berat agar bisa jatuh kebumi.

Baca Juga : Simulasi Tsunami Alami, Lihat Tanda – Tanda Alamnya, Gelombang Ombak! Mengerikan Sekali


Supaya lebih berat, titik air harus berubah menjadi tetesan. Maka titik air tersebut harus menangkap uap air lebih banyak agar terus membesar. Titik air bisa juga saling tabrak dan menyatu sehingga menjadi besar, atau titik air lainnya membesar karena uap air mengembun di titik air tersebut.

Kalau kita lihat dari foto tersebut betapa besar air yang turun dari langit turun ke daratan seperti kita lagi menyiram tanaman di halaman kita atau dikebun kita.

Supaya kita tidak penasaran dengan kejadian itu yuk kita nonton video dari kejadian alam yang menakjubkan itu, serem campur kagum akan proses alam yang terjadi. Itu semua karena kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa Alloh SWT.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *