Berobat di Puskesmas Sekarang Tidak Harus Lama Ngantri, Karena Sudah Dilengkapi Sistem Pendaftaran yang Efektif

Sudah beberapa kali memang saya berobat ke pusat kesehatan masarakat, atau sering di singkat PUSKESMAS. Waktu kecil dulu untuk daftar di puskesmas memang harus antri dan lamanya minta ampun.

Makanya sebagian besar masarakat pada waktu itu sudah apriori atau negatif duluan kalau harus perksa ke puskesmas. Antri lama dan periksa juga lama itu bukan tidak ada sebab pasti ada sebabnya.

Mungkin sebabnya pada waktu itu kurangnya tenaga medis dan peralatan medis. Mulai dari kekurangan dokter dan pasilitas alat kesehatan. Nah Sejak reformasi tahun 1998 semua bidang kesehatan mulai berbenah sampai sampai sekarang ada yang namanya Puskesmas Rawat Inap. Apa itu Puskesmas Rawat Inap?…. yaitu puskesmas yang di lengkapi dengan rawat inap bagi pasien yang di haruskan menginap di puskesmas.

Kita kembali ke topik….Pada saat saya daftar tadi di puskesmas Ciputat Timur, saya kagum atas cepat dan tertibnya pelayanan yang di berikan ke pasien. Sekarang untuk mendaftar di puskesmas tidak lagi perlu antri lama dan lama menunggu di panggil untuk di periksa. Nah kira kira gini alur pendaftaran sampai kita ngambil obat

Flowchart di Puskesmas
Flowchart di Puskesmas

Pendaftaran
Pendaftaran

Suasana di Puskesmas
Suasana di Puskesmas

Pada saat antri untuk di periksa sama dokter ada saja pasien yang salah dikira no dia yang di sebut ternyata no orang lain yang kebetulan sama no nya sama. Itu terjadi dikarenakan kebanyakan adalah orang tua yang usianya lebih dari 50 tahun, nahhhh di Puskesmas Ciputat Timur ini di bedakan untuk cara bayar pasien yang sudah lanjut usia. Mereka mendapatkan no antri yang berwarna merah dan itu geratis. Syaratnya hanya menunjukan KTP Tangerang Selatan Kecamatan Ciptata Timur cuma itu saja. Untuk pemanggilan dokternya mereka masih manual tidak menggunakan mesin antrian. Seharusnya justru yang sudah tua di beritahu lewat spiker tidak secara manual. Mudah – mudahan kedepannya lebih baik lagi tentuna.

Nunggu Pemeriksaan Dokter
Nunggu Pemeriksaan Dokter

Dalam hal pelayanan dokter juga lumayan bagus ya paling tidak ditanya keluhannya apa sambil dokternya senyum ke kita itu sudah membangun sugesti kesembuhan pasien. dari ditanya keluhannya apa sampai pantangan yang harus di lakukan oleh pasien supaya cepet sembuh.

Tentu nya juga pasien diberikan kesempatan untuk bertanya seputar penyakit yang dirasakannya. Lumayan dengan gratis kita bisa menanyakan penyebab dan cara pencegahan penyakitnya ke dokter…karena saya menggunakan BPJS Kesehatan hehehe… ini berlaku pada setiap pasien dengan cara pembayaran yang lain. Misal Cara Bayar dengan KTP, bapak yang di periksa kesana sampai di periksa menggunakan alat ke bagian jantungnya sehingga si bapak tersebut merasa tenang dengan kondisi jantungnya.

Nunggu Pemeriksaan Dokter 2
Nunggu Pemeriksaan Dokter 2

Setelah di periksa dokter maka pasien di arahkan ke Farmasi bagi yang di beri resep oleh dokter, bagi pasien yang diharuskan ke lab di sediakan juga untuk cek ke lab-nya.

Apotek di Puskesmas
Apotek di Puskesmas

Parkir di Puskesmas
Parkir di Puskesmas

Mudah mudahan kedepannya Puskesmas lebih bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat semua golongan mulai dengan kenyamanan kita mendaftar, periksa dokter, periksa lab sampai ambil obat dan bayar. Sehingga terwujudlah pelayanan kesehatan untuk masarakat yang maksimal. Semoga..aamiin

Peta Puskesmas
Peta Puskesmas

Semoga Bermanfaat

Baca Juga : Anak Tiba Tiba Panas Mendadak


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *