Cara Mengecilkan Ukuran Foto Sesuai Yang Kita Inginkan Dengan Tidak Mengurangi Kualitas Gambar Menggunakan Software Adobe Photoshop

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Seringkali kita terjebak dan tidak bisa apa- apa misal apabila kita melamar via online tapi file fotonya di batasi misalkan maksimal 10 kb, begitu juga dengan hal hal lain yang mengharuskan fotonya diperkecil. Sampai pada akhirnya kita meminta tolong abangnya yang di warnet untuk mengecilkan ukuran foto itu. Padahal ini sangat gampang sekali.

Yuk kita mulai belajarnya inisangat dasar sekali sebenarnya. Persiapkan dulu software photoshop nya bisa kalian download bebas di google atau bisa yang porteble CS bisa versi berapa saja. kelebihannya ringan saat loading di PC atau leptop dan tidak memakan memori saat edit gambar. Dan saat download juga kapasitas softwarenya tidak mencapai ratusan MB intinya tidak ribet harus instal ini itu.

Sesudah kita instal Photoshop cari file yang akan di kecilkan ukurannya. Pilih File -> Open -> Maka akan muncul alamat direktori “Pilih mana file yang akan anda kecilkan ukurannya”. Sesudah memilih file klik OPEN maka akan tampil gambar yang akan di kecilkan. Kalian bisa melihat proses seperti 3 gambar di bawah ini. jangan sampai salah alamat filenya ya! usahakan disimpat di Folder yang gampang di ingat seperti Dokument, bisa juga di Pictures.

Mulai Dengan Photoshop

pilih menu open

Sesudah itu pilih menu untuk men-short gambar yang akan di kecilkan pilih ikon yang ada di sebelah kiri dengan gambar segiempat putus- putus diurutan kedua paling atas. Setelah itu klik ikon tersebut arahkan kursornya ke gambar yang akan di kecilkan terus sered kursornya sambil menekan tombol sebelah kiri di mouse sampai seluruh gambar tersebut dikelilingi arsiran. Tekan CTRL +C. Ini untuk mengcopy file A ke B

Setelah itu buatlah layer baru dengan ukuran yang telah kita tentukan nah disini saya memperkecil ukurannya untuk lebar 330 dan tinggi 300 ini saya gunakan untuk gambar di artikel. Pilih File -> New maka akan muncul option yang harus di ini oleh kita. Lebar x Tinggi, Resolusi, Color Mode, Beckground Content. Kalau saya sendiri hanya mengubah lebar dan tingginya saja bisarkan yang lain apa adanya.

Pastikan Layer Dengan Benar

Setelah tampil seperti tampilan diatas maka anda tekan CRTL + V ini untuk mempaste file yang tadi kita copy nah kalau di gambar tersebut berada di belakang layer yang baru yang akan kita paste. Nah karena ukurannya beda otomatis pas saat di paste akan jomplang juga ukurannya tidak akan kelihatan gambarnya keseluruhan. Pilih menu EDIT -> pilih Free Transform ini berguna untuk mengecilkan ukuran normal

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Untuk Menemukan Baterai Leptop Yang Cocok Apabila Baterai Yang Asli Sudah Rusak

Maka akan muncul seperti gambar di atas ada garis seperti tanda merah yang tertera. Itu karena ukuran normal di paste ke ukuran yang tadi kita tentukan lebar dan tingginya. Makanya seperti itu keadaannya, untuk mengedit itu semua tinggal kita drag tanda yang sudah saya tandai dan sesuaikan dengan ukuran yang kita telah seting. Bagusnya ini tidak berpengaruh kepada kualitas resolusi dari gambar.

Sudah kelihatan kan teman- teman hasilnya sekarang tinggal kita SAVE atau simpan menjadi file JPG atau PNG. Nah saran saya ambil yan PNG karena apa? resolusinya lebih bagus daripada jpg. Dan gambar tersebut bisa suport ke bahasa pembrograman apa saja. OK kita kembali pilih File -> Save As mau di simpan di direktori apa file tersebut dan di folder mana. Itu terserah kalian yang penting jangan sampai lupa.

Maka akan muncul option seperti gambar diatas pilih Apply -> Di MEnu File Name Silahkan kasih nama, di Format pilih PNG pilih SAVE

Gampang ya teman- teman kalau di ulang terus saya yakin kalian akan jago dan ini adalah dasar yang sangat perlu banget untuk mengedit foto. Nai ini perbandingan kapasitas ukuran yang asli dan yang telah kita edit. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *