Cara Sortir/Mengurutkan Data Excel Berdasarkan Kategori Yang Dicari Sehingga Menjadi Rapih Dan Mudah Diolah

Cara Sortir/Mengurutkan Data Excel

Cara Sortir/Mengurutkan Data Excel ini memang menjadi tugas yang berat kalau disuruh sama atasan atau tugas dari dosen atau sekolah tapi jangan panik dulu, buka mbah google sukur sukur dapat artikel saya hehehe. Lihat dulu ya seberapa rumitnya tugas yang diberikan.

Untuk kali ini saya hanya akan membahas sort atau cara merapihkan data di excel saja supaya lebih spesifik dan mendalam. Ok kita mulai ya teman teman. Nah apabila kalian bingung mendapatkan data mentah yang harus di olah berdasarkan perintah atasan, dosen atau guru.

Pastikan dulu dengan seksama perintahnya seperti apa jangan sampai salah persepsi nanti jadi fatal. Alih alih dapat pujian dari bos, dosen atau guru malah dapat kekecewaan yang di dapat. Nahhh berarti kalian musti memahami dulu perintahnya ya apa yang seharusnya dikerjakan.

Pilih atau sort data yang mau diurutkan. Pilihlah beberapa tabel dan kolom mana yang akan di jadikan objek perubahan. Seperti data tabel A1:C12 disana terdiri beberapa baris dan kolom. C1:C12 ini menunjukan satu kolom.

Nah kita jadikan contoh tabel diatas itu tabel sangatseder hana sekali tapi dengan sederhana itu bisa dijadikan acuan apabila mendapatkan tugas yang hampir sama. Yaitu dengan cara Mengurutan Data Secara Cepat dan Tepat untuk mendapatkan hasil.

Yaitu Pilih satu kesatuan atau sel yang ingin di urutkan. Caranya Kita ke menu Data pilih Sort & Filter maka akan tampil menu seperti ini :

Mulai Olah Data Sekarang

Disana kalian bisa mengurutkan objek naik misalkan hurup A ke Z atau angka terkecil adri angka 1 keangka seterusnya. Dengan Icon AZ dengan panah kebawah.

Untuk mengurutkan sebaliknya dari yang terakhir ke pertama atau dari nilai terbesar ke nilai terkecil bisa klik atau menggunakan ZA dengan panah kebawah.

Baca Juga : Cara Membuat Banyak Artikel Untuk Jualan Dengan Teknik Sederhana Dan Semua Orang Bisa Melakukannya

Sekarang mari kita ambil contoh mengurutkan menurut kriteria. Lakukan cara seperti ini untuk memilih kolom yang ingin sort, dengan kriteria yang lain misalkan warna sel atau font.

Kalian tinggal pilih salah satu sel di mana pun dalam rentang yang ingin diurutkan. Adanya hampir sama seperti tadi di tab Data pilih Sort & Filter, klik Urutkan untuk menampilkan keterangan sort atau urutkan.

Pada kolom menu Sort atau Diurutkan pilih kolom mana yang ingin diurutkan. Seperti Nama, Alamat, Nilai

Di menun Sort on atau Diurutkan pilih Nilai, Warna Sel, Warna Font, atau Ikon Sel. Seperti gambar dibawah ini.

Pada daftar Order atau Urutan pilihlah urutan kolom yang ingin diterapkan pada tabel pengurutan, baik itu menurut abjad, angka, naik dan turun misal dari A ke Z atau sebaliknya dari Z ke A untuk huruf atau kalau untuk angka dari rendah ke tinggi atau sebaliknya dari tinggi ke rendah. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *