Kenali Sejakdini Kecanduan Internet, Apakan Anda Termasuk Didalamnya Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kenali Sejakdini Kecanduan Internet

Kenali Sejakdini Kecanduan Internet Banyak ahli yang menolak berkomentar tentang status kecanduan internet sampai lupa waktu. Ini sebenarnya temuan di jaman digital sekarang. Lebih berkembang lagi sekarang ada kecandua game dan itu lebih seram lagi sampai mengakibatkan sindrom tertentu. Apakah ini sebuah penyakit tertentu atau hanya akibat terlalu lama duduk dan kena radiasi dari monitor?

Bahkan, banyak profesional kesehatan sekarang yakin bahwa terlalu banyak keterikatan atau jenis ketergantungan yang merusak di internet sudah dapat diklasifikasikan sebagai bentuk penyakit. Ya, masih ada banyak kontroversi dan diskusi yang harus diselesaikan sebelum gangguan jenis ini dapat dimasukkan dalam bedah buku-buku tentang kesehatan.

Gangguan ini memang akan menjadi bentuk utama gangguan mental pada generasi x sekarang ini. Apa yang kebanyakan orang pikir tentang mereka yang kecanduan! mungkin kebanyakan orang yang kecanduan internet itu dalah sebuah pengalihan terhadap tekanan hidup yang dai rasakan tanpa mau menyelesaikan masalahnya sendiri. akibatnya timbul depresi, kecemasan, dll.

Biasanya masalah orang mengaggap sepele tentang ketergantungan ini sehingga bercerita kepada keluarga atau orang terdekat jarang dilakukan. Tidak ada bedanya dengan menyalakan TV sehingga anda tidak perlu berbicara dengan pasangan, atau pergi keluar dengan teman untuk bermain sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu di rumah. Tidak ada yang berbeda kecuali modalitas.

Menghabiskan waktu online tanpa masalah lain yang hadir mungkin menderita kompulsif berlebihan. Namun, perilaku kompulsif sudah terangkum pada kategori diagnostik yang ada dan pengobatannya akan serupa. Bukan teknologi seperti Internet, game, buku, telepon, atau televisi yang membuat ketagihan namun itu adalah perilaku kita.

Batas Kecanduan dan Kebiasaan

Prilaku ini mudah diobati dengan teknik perilaku kognitif tradisional dalam psikoterapi. Orang-orang yang bekerja online dan menghabiskan begitu banyak waktu bekerja di depan komputer mereka tidak persis apa yang anda sebut sebagai pecandu internet. Kecanduan internet jauh lebih dari sekadar menghabiskan waktu online untuk mencari nafkah.

Baca Juga : 9 Tips Mahir Photoshop Untuk Pemula Edit Gambar Jadi Mudah

Faktanya, bahkan jika anda menghabiskan beberapa jam berselancar di internet tetapi Anda merasa kebutuhan obsesif untuk online sebagian besar waktu, anda tidak dapat benar-benar mengatakan bahwa sudah menjadi pecandu. Kita harus memahami bahwa kecanduan adalah kata yang kuat dan sebelum Anda dapat mengatakan bahwa Anda kecanduan sesuatu,

Contoh kecanduan sesuatu seperti memiliki keinginan yang tak terkendali dan tak terpuaskan untuk sesuatu itu. Karena itu kecanduan internet harus dilihat dengan cara yang lebih kompleks daripada sekadar kebutuhan sederhana untuk online sebagian besar waktu. Kapan tepatnya Anda dapat dianggap sebagai pecandu internet?

Kecanduan terjadi ketika seseorang menjadi tergantung pada beberapa aspek internet. Memiliki hubungan patologis dengan beberapa konten tertentu seperti perjudian daring, lelang daring, situs dewasa, dan lainnya benar-benar dapat menjadikannya seorang pecandu internet. Banyak orang yang terpikat pada situs-situs ini sering menjadi gelisah dan membuka terus.

Bahkan, beberapa orang diketahui menghabiskan waktu berjam-jam di situs-situs ini sehingga mereka sering lupa diri. Dalam kebanyakan kasus, pecandu internet menghadapi komputer mereka sepanjang malam sehingga mereka tidak dapat berfungsi dengan baik di siang hari. Menurut beberapa ahli, menolak akses orang ini ke internet dapat mengakibatkan kecemasan ekstrem dan gejala penarikan diri. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *