Meningkatkan Performance HP Lemot Karena Banyak File Sampah Tersembunyi

Meningkatkan Performance HP Lemot

Meningkatkan Performance HP Lemot Mempunyai HP dengan spesifikasi mumpuni memang menjadi idaman banyak orang, apalagi dijaman sekarang gaya hidup dan kemajuan teknologi begitu sangat pesat. Kalau kita orang yang gampang cari uang tidak masalah tapi yang pas pasan tapi ingin memiliki HP yang canggih dan terbaru tentu berpikir ribuan kali untuk itu karena tidak bisa membeli.

Dari pada kita berkhayal terlalu jauh manfaatkan saja HP yang kita miliki tentu dengan performance yang kenceng dan bisa dipakai apa saja sehingga bisa di bandingkan dengan HP terbaru. Kali ini saya akan membahas khusus bagaimana mengoptimalkan HP yang kita miliki tidak hang dan error saat dijalankan terutama saat menjalankan aplikasi multimedia.

Jengkel kesel pingin ngebanting bahkan sumpah serapah mungkin dilakukan apabila kita sedang memakai HP apalagi saat digunakan pas lagi penting. Baik itu tugas kantor, menjawab pertanyaan Bos di WA group malah ngehang dan error yang ada bisa panik dan pingin lempar tuh HP. Untuk mengatasi hal seperti itu ada cara untuk meningkatkan performance HP kalian dan masalah bisa teratasi.

Selain bisa mengosongkan kapasitas memory hp, menghapus file sampah berfungsi juga untuk meningkatkan performance android kalian. Selain itu kita akan berpikir ulang deh untuk ganti HP baru, apalagi keadaan sekarang ekonomi lagi sulit. Lebih baik memanfaatkan apa yang ada dan mengoptimalkannya itu lebih ekonomis. Baik kita mulai ya bagaimana caranya :

Baca Juga : Cara Menjalankan Bisnis Digital Apakah Anda Sedang Mencari Bagaimana Memulai! Sebelum Memulai Baca Dulu Di Artikel Ini

Masuk ke File Manager, kalau belum di instal pakai saja bawaan dari HP kalian. Saya mencontohkan pakai HP Samsung. Klik Ikon Samsung -> Pilih File Saya. Kita bisa melihat berapa kapasitas penyimpanan data internal kita. Klik Polder dengan nama PENYIMPANAN INTERNAL pillih folder WHATSAPP -> Pilih DataBase. Hapus data yang tidak terpakai dan jangan ragu karena tidak berpengaruh pada sistem.

Begini Cara Melihat File Tersembunyi

Sesudah itu itu dilakukan kembali ke polder WHATSAPP -> Pilih Media -> Pilih WHATSAPP Video -> pilih video yang tidak terpakai atau video yang tidak sengaja tersimpan karena pas kita lihat terutama di group WA itu otomatis tersimpan di memory kita tanpa disadari. Dan file tersebut bisaanya menyimpan ratusan video sampah yang seharusnya di hapus saja karena akan mempengaruhi performan.

Kemudian yang harus kita lakukan yaitu kembali lagi ke WHATSAPP -> Pilih Media -> Pilih WHATSAPP Voice Note pilih semua terutama yang tidak perlu dan hapus. Perlu di perhatikan pada folder Media begitu banyak folder yang ada  pada aplikasi WhatsApp kita dan itu sebenarnya penyimpanan yang temporery apabila kita hapus tidak akan terjadi error pada HP ataupun pas saat kita buka WA.

Pada folder Media ada beberapa Folder turunan seperti : WhatsApp Audio, Dokumen, Images, Stickers, Video, Voice Notes, Animated Gift. Kesemua folder tersebut memiliki file temporery yang mempengaruhi memory dan kapasitas penyimpanan di HP. Saat menjalankan aplikasi WhatsApp dikarenakan sering buka tutup tidak sadar kita membuka dengan otomatis menyimpan file yang dibuka.

 Ini khusus HP merek xiaomi ya teman teman, kalian pilih folder MUI -> Pilih Galery ->  Pilih Cloud -> Pilih Cache maka disana akan banyak sekali file sampah yang tidak terpakai. Setelah kita melakukan itu masih ada lagi kawan supaya ruang penyimpanan lebih besar dan HP menjadi kenceng saat brosing maupun menjalankan aplikasi lainya. Nah itu teman teman hanya untuk HP Xiaomi ya.

Sesudah selesai menghapus folder tersebut sekarang masuk ke pencarian terus ketik “ thumb “ sesudah terbuka maka pasti akan banyak sekali file yang ada kadang bisa sampai ribuan saking banyaknya file tersebut kadang kadang susah untuk menghapus. Saran saja menghapusnya sangan sekaligus tapi bertahap. Tapi dalam satu waktu ya jangan beda waktu supaya semua fie sampah di sana hilang. 

Selanjutnya ini yang terakhir yaitu kembali ke pencarian maka tulis Apk maka muncul file – file sisa dari program yang mengalami kegagalan dalam peng instalan dikarenakan kehabisan quota,  atau pernah kita uninstal program tersebut tapi ada beberapa file yang tertinggal dan menumpuk maka memory penuh sehingga menjadikan HP sering error atau hang. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *